Istilah Virus Komputer dan Bukan Penyakit Yang Menular Seperti Penyakit Manusia


Problem

Mungkin Anda pernah berpikir bahwa apa itu virus yang ada didalam komputer, bagaimana virus bisa terjadi, apakah dari hasil aplikasi yang rusak atau dari spam atau dari bug program ataupun dari sisa sampah lalu menular seperti penyakit ke aplikasi lain, dan lagi mengapa dinamakan Virus. Berikut adalah penjelasan yang sebenarya :

Virus komputer (Vital Informastion Resources Under Siege)  adalah program malware yang ketika dieksekusi bereplikasi dengan memasukkan salinannya sendiri (mungkin dimodifikasi) ke dalam program komputer lain, file data, atau sektor boot dari hard drive; ketika replikasi ini berhasil, daerah yang terkena kemudian dikatakan "terinfeksi". Virus sering melakukan beberapa jenis aktivitas berbahaya pada host yang terinfeksi, seperti mencuri ruang hard disk atau waktu CPU, mengakses informasi pribadi, merusak data, menampilkan pesan politik atau lucu di layar pengguna, mengirim spam ke kontak mereka, atau mencatat keystroke mereka. Namun, tidak semua virus membawa muatan yang merusak atau berusaha menyembunyikan diri mereka sendiri — karakteristik virus yang menentukan adalah bahwa mereka adalah program komputer yang mereplikasi diri sendiri yang menginstal sendiri tanpa persetujuan pengguna.

Virus komputer saat ini menyebabkan kerusakan ekonomi miliaran dolar setiap tahun, karena menyebabkan kegagalan sistem, membuang-buang sumber daya komputer, merusak data, meningkatkan biaya pemeliharaan, dll. Sebagai tanggapan, bebas, perangkat antivirus open-source telah dikembangkan, dan multi -miliar dolar vendor perangkat lunak antivirus telah dipotong, menjual perlindungan virus untuk pengguna berbagai sistem operasi yang Windows sering paling menjadi korban, sebagian karena popularitasnya yang ekstrim. Saat ini tidak ada perangkat lunak antivirus yang mampu menangkap semua virus komputer (terutama yang baru); peneliti keamanan komputer secara aktif mencari cara baru untuk mengaktifkan solusi antivirus untuk mendeteksi virus yang muncul secara lebih efektif, sebelum mereka telah didistribusikan secara luas.

Sejarah Singkat Virus Komputer

Istilah virus komputer, diciptakan oleh Fred Cohen pada tahun 1985, adalah keliru. Virus sering melakukan beberapa jenis aktivitas berbahaya pada komputer host yang terinfeksi, seperti perolehan ruang hard disk atau waktu pemrosesan pusat (CPU), mengakses informasi pribadi (misalnya, nomor kartu kredit), merusak data, menampilkan pesan politik atau humor pada layar pengguna, mengirim spam ke kontak e-mail mereka, mencatat keystroke mereka, atau bahkan membuat komputer tidak berguna. Namun, tidak semua virus membawa "beban" yang merusak dan berusaha menyembunyikan diri mereka sendiri, karakteristik virus yang menentukan adalah bahwa mereka adalah program komputer yang mereplikasi diri sendiri yang memodifikasi perangkat lunak lain tanpa persetujuan pengguna.

 Jenis - Jenis Virus Komputer
  • Boot Sector Virus
Meskipun virus ini telah menjadi usang, virus ini masih muncul dengan satu atau lain cara. Virus ini mendapat perhatian ketika floppy disk digunakan untuk mem-boot komputer. Di komputer modern, virus ini bisa muncul di "Master Boot Record". Dalam perangkat penyimpanan yang dipartisi komputer Anda, ini adalah sektor pertama yang terjadi.
  • Web Scripting Virus
Serupa dengan hyperlink yang gunakan di Microsoft Word, banyak situs web yang menggunakan kode untuk menyediakan konten yang menarik bagi penggunanya. Misalnya, karena tren menonton video online kini menjadi sangat populer, lebih dari 2 Miliar Video dialirkan di Facebook setiap hari, video ini juga mengeksekusi kode tertentu.Kode-kode ini dapat dieksploitasi dan sangat merepotkan untuk dicatat bahwa eksploitasi ini telah terjadi di beberapa situs yang sangat penting. Semua peretas harus melakukannya untuk meninggalkan komentar di Bagian Komentar di situs web yang berisi kode itu. Jadi, bahkan tanpa Webmaster yang mengetahuinya, kode itu akan dimasukkan ke dalam situs
  • Browser Hijacker
Pernah menghadapi masalah di mana beranda laman web Anda diarahkan secara otomatis ke situs tertentu? Nah, itulah cara paling umum yang digunakan ransomware ini untuk membajak browser Anda.Meskipun efek visualnya mungkin melambangkan ancaman, pembajak ini tidak lebih dari taktik untuk meningkatkan penghasilan dari iklan web.
  • Resident Virus
Setelah memasukkan dirinya sendiri ke dalam memori sistem Anda, virus ini memiliki kemampuan untuk mengambil sejumlah tindakan. Salah satu fitur yang lebih merepotkan adalah kemampuannya untuk run automatis dan meninggalkan file yang semula terinfeksi.
  • Direct Action Virus
Mirip dengan virus Vienna yang mengejutkan komputer pada tahun 1998, virus ini mulai bekerja setelah Anda menjalankan file tersebut. Muatan dikirimkan ke komputer Anda dan virus menjadi aktif.Namun, virus ini memiliki batasan. Tidak ada tindakan kecuali file yang terinfeksi diimplementasikan lagi.
  • Polymorphic Virus
Salah satu faktor yang melambangkan kegunaan dari virus ini adalah kemampuannya untuk menghindar dari antivirus. Virus polimorfik telah mengeksploitasi keterbatasan ini dengan indah karena ia mengubah kode setiap kali file yang terinfeksi dijalankan. Dengan demikian, hampir tidak mungkin bagi antivirus biasa untuk melacaknya. Namun Antivirus sekarang mampu mendeteksi keberadaan virus apa pun dengan mendeteksi kodenya.
  • File Infector Virus
Meskipun kata "file" dalam namanya mungkin menunjukkan sebaliknya, virus ini tidak mengambil bantuan file setiap saat. Faktanya, file tersebut hanya titik awal ketika infector file mengerdilkan file pertama setelah itu menulis ulang file
  • Multipartite Virus
Jika Anda telah membaca dengan seksama virus-virus yang disebutkan di atas, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa mereka menggunakan dua metode untuk transmisi mereka. Entah mereka menggunakan satu metode atau satu payload tunggal dikirimkan.Namun, virus ini ingin mengklaim keduanya. Tergantung pada sistem operasi komputer Anda atau file yang ada di komputer Anda, itu mungkin menggunakan salah satu dari dua metode untuk menyebar.
  • Macro Virus
Muncul dalam bentuk dokumen kata yang tampaknya menghubungkan pengguna ke situs web pornografi, Melissa adalah salah satu Virus Mikro yang paling dikenal. Selangkah lebih maju, virus ini tidak hanya mengeksploitasi pengguna tetapi juga teman-temannya dengan mengirimkan salinan dokumen virus yang terinfeksi ke daftar kontak

sumber wikipedia bebas

Comments

Popular posts from this blog

Pebedaan Roket, Misile, Rudal, RPG